Penyeimbang Hidup …

Penyeimbang Hidup …

Tuntutan pekerjaan seringkali membuat kita kehilangan waktu untuk keluarga, teman-teman lama, bahkan saat merenung bagi diri kita sendiri. Padahal kehidupan haruslah seimbang. Seimbang membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga dan diri kita sendiri agar kehidupan menjadi harmonis.


Blog ini adalah tempat saya mencoba menyeimbangkan hidup, kelas tempat saya kembali belajar menulis, sanggar tempat saya kembali ke masa kecil, saat saya sangat senang membuat coretan-coretan kecil diselembar kertas usang bekas pembungkus belanjaan ibu saya …

Sabtu, 02 Oktober 2010

H A M L E T


"Hamlet adalah salah satu dari mahakarya William Shakespeare (1564 –1616) yang sebagian besar settingnya berlokasi di Denmark. "
------------------------------------------------------------------------------------

 Dikisahkan, pada suatu malam musim dingin yang  kelam, ada arwah yang bergentayangan di Elsinore Castle di Denmark. Arwah itu memberitahukan kepada Horatio bahwa Raja Hamlet sebenarnya telah dibunuh oleh adiknya, Claudius, yang akhirnya mewarisi takhtanya dan mendapatkan janda raja, yaitu Ratu Gertrude. Ketika Horatio dan penjaga itu membawa Pangeran Hamlet, putra Gertrude dan raja yang telah mati itu untuk bertemu dengan arwah itu, ia meminta Hamlet untuk membalaskan dendamnya dan menikahi istrinya. Setelah mengatakan demikian, arwah itu menghilang ditelan datangnya subuh.

Pangeran Hamlet akhirnya memutuskan untuk menuntut balas atas kematian ayahnya, namun karena pada dasarnya ia  adalah orang yang kontemplatif dan pemikir, dia menundanya, dan malahan terpuruk dalam melankoli dan menjadi hampir gila. Claudius dan Gertrude mengkhawatirkan perilaku aneh pangeran dan berusaha mencari tahu penyebabnya.
Mereka kemudian menugasi dua orang sahabat Hamlet, Rosencrantz dan Guildenstern, untuk mengawasinya. Ketika Polonius, tangan kanan Lord Chamberlain, sesumbar mengatakan bahwa mungkin Hamlet sedang tergila-gila pada anak gadisnya Polonius, Ophelia, Claudius akhirnya memutuskan untuk memata-matai perbincangan mereka berdua. Namun meskipun Hamlet tampak tergila-gila, ia tidak terlihat mencintai Ophelia. Ia malah menyuruhnya menjadi biarawati.

Suatu ketika sekelompok aktor keliling datang mengunjungi Elsinore, dan Hamlet mendapat ide untuk mengetes perasaan bersalah pamannya. Dia akan menyuruh aktor-aktor itu memerankan semacam reka-adegan pembunuhan ayahnya, dan tentunya, apabila memang Claudius bersalah, ia pasti akan bereaksi. Tatkala adegan pembunuhan itu dipentaskan di atas panggung, Claudius bangkit dan meninggalkan ruangan. Hamlet dan Horatio sepakat bahwa reaksi itu membuktikan bahwa memang Claudiuslah yang membunuh Raja Hamlet. 


Pangeran Hamlet berencana untuk membunuh Claudius, tepat di saat ia mendapatinya sedang berdoa. Karena ia menyangka bahwa membunuh Claudius dalam kondisi sedang berdoa akan mengirimkan jiwanya ke sorga, Hamlet kuatir bahwa usaha balas dendamnya akan sia-sia. Ia pun memutuskan untuk menunda rencananya, menunggu waktu yang tepat. Claudius yang merasa keamanannya terancam seketika memerintahkan agar Hamlet dikirim ke Inggris.
Mendengar suara berisik dari balik mesin pemintal milik Polonius, Hamlet menyangka raja sedang bersembunyi di sana. Dia menarik pedangnya dan menghunusnya sepanjang pabrik, dan tanpa sengaja membunuh Polonius. Karena kejahatan ini, ia dibuang ke Inggris bersama dengan Rosencrantz dan Guildenstern. Bagaimanapun, rencana Claudius bagi Hamlet lebih dari sekedar pengasingan. Dia telah memberikan surat perintah bersegel untuk Raja Inggris untuk membunuh Hamlet.



Sepeninggal ayahnya, Ophelia menjadi gila karena kesedihan dan menenggelamkan dirinya di sungai. Putra Polonius, Laertes, yang selama ini tinggal di Prancis kembali ke Denmark. Claudius meyakinkannya bahwa Hamletlah yang sepatutnya disalahkan atas kematian ayah dan saudarinya. Ketika Horatio dan raja menerima surat dari Hamlet yang menyatakan bahwa dirinya telah berpulang ke Denmark karena bajak laut menyerang kapalnya dalam perjalanannya ke Inggris, Claudius menyusun rencana untuk menghabisi Hamlet dengan memanfaatkan hasrat balas dendam  Laertes. Laerter akan bertarung dengan Hamlet dalam sebuah pertandingan olahraga, namun Claudius akan melumuri senjata Laertes dengan racun sehingga Hamlet akan mati apabila ia tertusuk. Untuk berjaga-jaga, ia juga membubuhi racun pada sebuah cawan berisi air minum, yang harus diminum Hamlet pada putaran pertama atau kedua.

Adu pedang pun dimulai. Hamlet menang pada putaran pertama, namun menolak untuk minum dari cawan itu. Tak dinyana, Gertrudelah yang meminumnya dan seketika terbunuh oleh racun tersebut. Laertes akhirnya berhasil melukai Hamlet, namun Hamlet tidak terbunuh seketika itu juga. Malahan Laertes dilukai oleh mata pedangnya sendiri, dan setelah mengungkapkan pada Hamlet bahwa Claudiuslah yang bertanggung-jawab atas kematian ratu, dia meninggal karena racun telah menjalari seluruh tubuhnya. Hamlet kemudian menusuk Claudius dengan pedang beracun itu dan memaksanya meminum habis sisa anggur beracun itu.
Claudius mati dan Hamlet menyusulnya setelah berhasil menunaikan dendam kesumatnya.

Sungguh suatu pembalasan dendam yang harus dibayar dengan mahal.
---------------------------------------------------------------------------------------------
Coretan Kecil :
“ Mentalitas Hamlet adalah mentalitas yang suka sekali menyepelekan momentum, peragu, dan meliki tingkat PD yang rendah. Ciri-ciri orang yang memiliki mentalitas Hamlet adalah :
  1. Terlalu sensitif atau perasa, sehingga mudah merespons baik secara langsung atau tidak langsung terhadap setiap fenomena yang dianggap menyerang dirinya dan pendendam.
  2. Terlalu perfeksionis dan  lebih mengedepankan tampilan pisik yang menawan sehingga mereka menanti kepuasan lewat pujian atas penampilannya.
  3. Sering memiliki harapan yang tidak realistis, Cara berpikirnya lebih bersifat global jangka panjang, dan tidak terlalu mengedepankan penyelesaian jangka pendek
  4. Tidak memiliki keputusan melangkah yang decissive alias sering mengambang. Dalam memutuskan sesuatu, mereka biasanya banyak melakukan rapat, berdiskusi panjang lebar
  5. Takut mengambil risiko alias safety player dan hanya mau bermain di wilayah yang sudah diperkirakan bisa menguntungkan dan menang
Kelima ciri sifat dan karakter tersebut, hanyalah sebagian dari gambaran orang yang kepercayaan dirinya rendah. Persoalan tersebut akan menjadi faktor serius jika menjadi sifat dan karakter bagi seorang pemimpin  yang diharapkan dapat mengambil keputusan secara cepat , tepat namun tetap bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenin ya ? ya..? ya..?