Penyeimbang Hidup …

Penyeimbang Hidup …

Tuntutan pekerjaan seringkali membuat kita kehilangan waktu untuk keluarga, teman-teman lama, bahkan saat merenung bagi diri kita sendiri. Padahal kehidupan haruslah seimbang. Seimbang membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga dan diri kita sendiri agar kehidupan menjadi harmonis.


Blog ini adalah tempat saya mencoba menyeimbangkan hidup, kelas tempat saya kembali belajar menulis, sanggar tempat saya kembali ke masa kecil, saat saya sangat senang membuat coretan-coretan kecil diselembar kertas usang bekas pembungkus belanjaan ibu saya …

Jumat, 25 Maret 2011

"JIKA TAK BISA MEMBANTU, JANGAN MENYAKITI..".



Pagi ini karena kebetulan hari libur n kebetulan (lagi) aq gak dapet giliran piket di kantor, aq n juniors (Niken n Hani) pergi ke pasar malabar untuk belanja makanan kesukaan mereka,sosis ayam n chicken nugget.

Sesampainya kami di pasar Malabar kami langsung menuju ke toko langganan, waduhhh..udah banyak yang antri belanja juga disana. Akhirnya sambil menunggu dilayani Enci pemilik toko kami memilih-milih sosis n nugget yang akan kami beli. Lagi asiknya kami memilih2 tiba2 terjadi keriuhan di bagian depan toko, rupanya ada seorang ibu tua datang menanyakan apakah ada dompetnya tertinggal di toko itu.

Mendengar pertanyaan ibu tua itu, tanpa dikomando lagi banyak pertanyaan n komentar terdengar :"dompetnya kayak apa?", "tadi di taronya dimana?,"wah ada yang ngerogoh itu sih..","makanya kalo taro dompet jangan sembarangan namanya pasar desek2an mana kerasa kalo tas kita dirogoh orang..","kalo saya sih..bla..bla..bla" begitu banyak komentar dr ibu2 n bapak2 yg kebetulan sedang berbelanja di toko itu, udah kayak senapan mesin yang lagi membombardir musuh dgn pelurunya. Aq dan Niken,anak tertuaku,hanya terdiam mendengar komentar2 itu n memandangi wajah lesu si ibu tua n langkah gontainya meninggalkan toko.

Selesai berbelanja,aq n juniors pergi meninggalkan toko. Diperjalanan pulang Niken bicara :"Kasian ya ma ibu tadi, uangnya hilang..jd gak bisa belanja", aq jawab :"Iya kasian,kalo kita yg ngalamin pasti kita sedih kan?","Iya..", jawab Niken.

Aq lanjutkan bicaraku :"Teh,inget ya,klo ada orang kena musibah n qt gak bisa bantu ngeringanin kesusahan mrka dgn uang..paling nggak qt bantu dngn menjaga mulut qt,ucapan qt..jngn orng udah kesusahan qt komentarin dngn kata2 yg bikin orng itu tambah sedih, teteh ngerti kan maksud mama?","Ngerti,Ma..",jwb Niken.

Kecenderungan yg terjadi di masyarakat qt jika ada suatu peristiwa adlh berkomentar,sibuk berkomentar hingga lupa memberikan solusi.

Pelajaran moril yang kami dapat hari ini : 
"JIKA TAK BISA MEMBANTU JANGAN MENYAKITI".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenin ya ? ya..? ya..?